Monday, December 17, 2012

Perusahaan Ritel Terkemuka di Indonesia

Salah satu perusahaan yang menggeluti bisnis ritel sepatu olahraga adalah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini mengelola 200 gerai khusus untuk sepatu dan perlengkapan olahraga. Bisnis gerai olahraga MAP sudah menggurita di 22 kota di Indonesia.
MAP memasarkan beberapa merek internasional sepatu olahraga. Antara lain Reebok, Mizuno, Diadora, Lotto, Converse, Adidas, Ellese, Airwalk, dan Spalding.

MAP sepertinya mengepung konsumen sepatu olahraga dengan berbagai macam nama gerai yang memiliki konsep berbeda-beda. Perbedaan konsep ini juga membedakan segmen yang disasar oleh tiap gerai.

Planet Sports
Ditujukan untuk pangsa pasar menengah ke atas. Gerai ini menyediakan berbagai merek internasional untuk peralatan dan perlengkapan olahraga serta aktivitas sehari-hari. Konsepnya lebih ditekankan untuk memenuhi kebutuhan lifestyle.

The Athelete’s Foot 
Menyasar konsumen yang mengutamakan keunggulan teknik dari jenis sepatu olahraga yang diinginkan.

Sports Station 
Untuk pangsa pasar kelas menengah dengan menyediakan beragam merek sepatu dan perlengkapan olahraga. 
Tiga gerai ini yaitu Planet Sports, The Athelete’s Foot, dan  Sports Station merupakan outlet ritel sepatu pertama yang diluncurkan MAP.

Setelah itu, ada lagi Soccer Station. Gerai ini dihadirkan untuk para pecinta olahraga sepak bola. Lalu, masih ada gerai-gerai yang dinamai sesuai dengan merek yang dijual di situ. Seperti gerai Reebok, gerai Converse, gerai Diadora, dan gerai Lotto. Outlet-outlet ini menghadirkan rangkaian produk yang lebih beragam dari masing-masing merek tersebut.

Beda lagi dengan The Sports Warehouse. Sasaran gerai ini adalah konsumen yang menginginkan produk dengan merek-merek internasional dengan harga lebih terjangkau. Di samping itu, tersedia pula produk-produk peralatan dan perlengkapan olahraga dengan potongan harga yang sangat menarik.

No comments:

Post a Comment