Sunday, April 29, 2012

Kewirausahaan Bab 9: Perspektif Dalam Perusahaan Keluarga


  1. Jelaskan bentuk-bentuk usaha yang dimiliki perusahaan keluarga!
·         Family owned enterprise
·         Family business enterprise
  1. Apakah perusahaan yang saudara pelajari termasuk perusahaan keluarga pada awalnya? Jelaskan !
Bukan berawal dari perusahaan keluarga
  1. Jelaskan manajemen dalam perusahaan keluarga! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!
Praktek manajemen bisnis keluarga yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Merangsang pemikiran dan pemahaman strategi bisnis yang baru
  • Merekrut dan mempertahankan manajer non keluarga yang baik
  • Menciptakan organisasi yang fleksibel dan inovatif
  • Menciptakan dan melindungi modal
  • Menyiapkan pengganti kepemimpinan (suksesi)
  1. Jelaskan faktor-faktor kunci keberhasilan dalam perusahaan keluarga! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!
·         Hubungan interpersonal yang emosional
·         Sifat jujur diperlukan agar orang tetap percaya dengan setiap perkataan dan perbuatannya
·         Sikap ulet dapat mendorong seseorang untuk maju dan tidak gagal
·     Sikap tidak serakah mencegah seorang pengusaha tidak fokus dalam melakukan ekspansi usahanya.
  1. Jelaskan strategi untuk membangun bisnis keluarga yang sukses! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!
·    Ownership concentration related to corporate productivity and speed to the market. Kebanyakan perusahaan keluarga masih menguasai mayoritas saham, sehingga lebih cepat membuat keputusan strategis karena faktor ownership concentration.
·         Patient capital and longterm perspective. Rata-rata bisnis keluarga ingin menjadi bisnis jangka panjang. Bila perusahaan keluarga ini sudah go public, investor yang beli saham-saham perusahaan keluarga berharap untuk jangka panjang.
·    Flexibility and easiness in financing the business. Faktor ini semakin menjadi keunggulan competitive jika perusahaan telah mencapai kategori medium size company.

No comments:

Post a Comment