Monday, April 30, 2012

Kewirausahaan Bab 10: Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Wirausaha



  1. Jelaskan yang dimaksud dengan etika bisnis!
Etika bisnis adalah sutu kode etik perilaku pengusaha berdarsarkan nilai-nilai moral dan agama yang dijadiklan tunuttan dalah berusaha
  1. Bagaimana penerapan etika bisnis oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih?
Etika bisnis sangat penting untuk membuat keputusan-keputusan perusahaan dan dalam menyelesaikan persoalan perusahaan.
  1. Jelaskan hubungan antara etika dan hukum!
Hukum termasuk kedalam tingkatan norma etika yang mengatur mana perbuatan yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan dalah menjalan bisnis
  1. Bagaimana manfaat etika bisnis bagi seorang pengusaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
·         Akan dapat mengurangi biaya akibat dicegahnya kemungkinan terjadinya friksi baik intern perusahaan maupun dengan eksternal.
·         Akan dapat meningkatkan motivasi pekerja.
·         Akan melindungi prinsip kebebasan ber-niaga
·         Akan meningkatkan keunggulan bersaing.
  1. Bagaimana dampak negative bila pengusaha tidak menjalankan usaha sesuai dengan etika bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!  
Pengusaha tidak akan emmiliki daya saing yang tinggi dan tidak mempunyai kemampuan untuk menciptakan nilai yang tinggi.
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan tanggung jawab social! Apakah perusahaan saudara menjalankan tanggung jawab social? Jelaskan!
Tanggungjawab social adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
  1. Bagaimana strategi bentuk tanggung jawab social?
·         Strategi Reaktif
Kegiatan bisnis yang melakukan strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial

·         Strategi Defensif
Strategi defensif dalam tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan penggunaan pendekatan legal atau jalur hukum untuk menghindarkan diri atau menolak tanggung jawab sosial .

·         Strategi Akomodatif
Strategi Akomidatif merupakan tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dikarenakan adanya tuntutan dari masyarakat dan lingkungan sekitar akan hal tersebut

·         Strategi Proaktif
Perusahaan memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari tanggung jawab untuk memuaskan stakeholders. Jika stakeholders terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan akan terbangun.
  1. Bagaimana hubungan antara etika bisnis dan keputusan bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya bisnis yang bertanggung jawab sosial, etika merupakan dimensi sangat penting yang harus selalu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan bisnis.

No comments:

Post a Comment